Mengenal Prompt

Ditinjau oleh : Nur Asyifa S.Psi. (Terapis Perilaku) – 15 Agustus 2024

Ayah bunda tahukah apa itu prompt?
Prompt merupakan pemberian petunjuk yang dimaksudkan untuk membantu anak melakukan perilaku atau keterampilan yang diinginkan. Adapun menurut Miltenberger (2019) prompting adalah Teknik penggunaan untuk meningkatkan frekuensi kemunculan target perilaku.

Lalu apakah tujuan dari pemberian prompt?
Prompt bertujuan untuk mendukung anak saat mempelajari keterampilan baru, dengan tujuan anak dapat melakukan keterampilan tersebut secara mandiri. Agar anak dapat melakukan keterampilan yang diajarkan secara mandiri maka perlu dilakukan prompt fading atau secara bertahap prompt mulai dihilangkan, sehingga anak tidak ketergantungan pada prompt yang diberikan.

Prompt memiliki beberapa jenis diantaranya :

  1. Visual yaitu bantuan dengan gambar atau tulisan
  2. Verbal, yaitu bantuan dengan memberikan arahan secara verbal
  3. Gestural, yaitu bantuan dengan cara mengarahkan jawaban dengan menunjuk atau dengan tatapan mata
  4. Modelling, yaitu bantuan dengan cara mencontohkan Gerakan yang diinginkan
  5. Partial Physical, yaitu bantuan dengan cara mengarakan dengan memegang sedikit tubuh anak
  6. Full Physical, yaitu bantuan dengan memegang anak untuk melaksanakan perintah dengan benar.

Contoh pengaplikasian prompt dalam Tugas Matching Warna


(Dalam contoh pengaplikasian Fading Prompt terapis menggunakan Gestural Prompt, bukan dengan Fully Physical Prompt dengan tujuan agar anak dapat belajar menyusun puzzle sesuai warnanya secara mandiri)

Referensi :

  • Miltenberger, R. G. (2012). Behavior modification. USA: Wadsworth
  • Cintaka, R., & Djuwita, E. (2019). Penerapan prompting untuk meningkatkan frekuensi kontak mata pada anak dengan global developmental delay. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 7(2), 199– 210. https://doi.org/10.22219/jipt.v7i2.7995
  • Reid, D. H., O’Kane, N. P., & Macurik, K. M. (2014). Staff training and management. In W.W. Fisher, C. C. Piazza, & H. S. Roane (Eds.), Handbook of applied behavior analysis (pp. 281-296). New York: The Guilford Press.